RSS

Filsafat yunani

FILSAFAT YUNANI
Orang yunani yang hidup pada abad ke-6 SM mempunyai sistem kepercayaan, bahwa suatu kebenaran lewat akal pikir (logos) tidak berlaku, yang berlaku hanya suatu kebenaran yang bersumber pada mitos (dongeng-dongeng).

Setelah pada abad ke-6 SM muncul sejumlah ahli pikir yang menentang adanya mitos. Keadaan yang demikian ini sebagai suatu demitologi, artinya suatu kebangkitan pemikiran untuk menggunakan akal pikir dan meninggalkan hal-hal yang sifatnya mitologi. Timbullah peristiwa ajaib The Greek Miracle, yang nantinya dapat dijadikan sebagai landasan peradaban dunia.

Berikut ini terdapat tiga faktor yang menjadikan filsafat yunani lahir :
a.    Kaya akan mitos (dongeng), seperti syair Homerus, Orpheus, dan lain-lain.
b.    Karya Homerus mempunyai kedudukan yang sangat penting untuk pedoman hidup orang-orang Yunani.
c.     Pengaruh ilmu pengetahuan yang berasal dari Babylonia di Lembah Sungai Nil.
Zaman Yunani terbagi Periode Yunani Kuno diisi oleh Ahli pikir alam (Thales, Anaximandros, Pythagoras, Xenophanes, dan Democritus) dan pada Periode Yunani Klasik diisi oleh Ahli pikir seperti Socrates, Plato, dan Aristoteles.

Yunani Kuno
Periode Yunani Kuno ini lazim disebut periode filsafat alam. Karena pada periode ini ditandai  dengan munculnya para ahli pikir alam. Para pemikir filsafat Yunani yang pertama berasal dari Miletos, sebuah kota perantauan Yunani yang terletak di pesisir Asia Kecil.

Thales (625 – 545 SM)
Thales sebagai salah satu dari tujuh orang bijaksana (Seven Wise Men of Greece). Aristoteles memberikan gelar The Father of Philosophy, juga menjadi penasihat teknis ke-12 kota Ionia. Salah satu jasanya yang besar adalah meramal gerhana matahari pada tahun 585 SM.

Menurut pendapatnya semua yang berasal dari air sebagai materi dasar kosmis. Dari pendapat itu dapat kita artikan bahwa apa  yang disebut sebagai arche(asas pertama dari alam semesta) adalah air. Katanya, semua berasal dari air, dan semuanya kembali menjadi air. Bahwa bumi terletak di atas air, dan bumi merupakan bahan yang muncul dari air dan terapung di atasnya.

Anaximandros (640 – 546 SM)
Ia merupakan orang pertama yang membuat peta bumi. Pemikiranya, dalam memberikan pendapat tentang arche (asas pertama alam semesta), ia tidak menunjuk pada salah satu unsur yang dapat diamati oleh indra, tetapi ia menunjuk dan memilih pada sesuatu yang tidak dapat diamati indera, yaitu to apeironi yang tak terbatas.

Phytagoras (+ 572 – 497 SM)
Ia dilahirkan di Pulau Samos, Ionia. Menurut Aristoxenos seorang murid Aristoteles, Phytagoras pindah ke kota Kroton, Italia Selatan karena tidak setuju dengan pemerintahan Polykrates yang bersifat tirani.

Pemikiranya, substansi dari semua benda adalah bilangan, dan segala gejala alam merupakan pengungkapan indrawi dan perbandingan-perbandingan matematis. Ia mengemukakan bahwa setiap bilangan dasar dari 1 sampai 10 mempunyai kekuatan dan arti sendiri.
Phytagoras lah yang mengatakan pertama kali bahwa alam semesta itu merupakan satu keseluruhan yang teratur. Keharmonisan dapat tercapai dengan menggabungkan hal-hal yang berlawanan, seperti:
-          Terbatas – tak terbatas
-          Ganjil – genap
-          Satu – banyak
-          Laki-laki – perempuan
-          Bujur sangkar – empat persegi panjang
-          Diam – gerak
-          Lurus – bengkok
-          Baik – buruk
-          Terang – gelap
-          Kanan – kiri.

Sebagai seorang yang ahli matematika abadi ia dengan dalilnya. Jumlah dari luas dua sisi sebuah segitiga siku-siku adalah sama dengan luas sisi miringnya  (a2+ b2 = c2).

Xenophanes (570 - ? SM)
Ia lahir di Xolophon, Asia Kecil. Ia lebih tepat dikatakan penyair dari pada ahli pikir (filosof), hanya karena ia mempunyai daya nalar yang kritis dan mempelajari pemikiran-pemikiran filsafat pada saat itu. Pendapatnya yang termuat dalam kritik terhadap Homerus dan Herodotus, ia membantah adanya antropomorfisme Tuhan-tuhan. Yaitu Tuhan digambarkan sebagai seakan-akan manusia. Kritik ini ditujukan kepada anggapan-anggapan lama yang berdasar pada mitologi.

Heraclitos (535 – 475 SM)
Ia lahir di Ephesus, ia mendapat julukan si gelap, karena untuk menelusuri gerak pikirannya sangat sulit.

Pemikiran filsafat nya terkenal dengan filsafat menjadi. Ucapannya yang terkenal: Panta rhei kai uden menci, artinya segala sesuatunya mengalir bagaikan arus sungai dan tidak satu orang pun dapat masuk ke sungai yang sama dua kali. Alsannya, karena air sungai yang pertama telah mengalir, berganti dengan air yang berada dibelakangnya.

Heraclitos yang mengemukakan pendapatnya bahwa segala yang ada selalu berubah dan sedang menjadi, ia mempercayai bahwa arche(asas yang pertama dari alam semesta) adalah api. Api dianggapnya sebagai lambang perubahan dan kesatuan. Api mempunyai sifat memusnahkan segala yang ada, dan mengubahnya sesuatu itu menjadi abu atau asap. Walaupun sesuatu itu apabila dibakar menjadi abu atau asap, toh adana api tetap ada. Segala sesuatunya berasal dari api, dan akan kembali ke api.

Menurut pendapatnya, di dalam arche terkandung sesuatu yang hidup (seperti roh) yang disebutnya sebagai logos (akal atau semacam wahyu). 

Parmenides (540-475 SM)
Ia lahir di kota Elea, dialah yang pertama kali memikirkan tentang hakikat tentang ada (being).
Menurut pendapatnya, apa yang disebut sebagai realitas adalah bukan gerak dan perubahan.
Yang ada (being) itu ada, yang ada tidak dapat hilang menjadi tidak ada, dan yang tidak ada tidak mungkin muncul menjadi ada, yang tidak ada adalah tidak ada, sehingga tidak dapat dipikirkan. Yang dapat dipikirkan hanyalah yang ada saja, yang tidak ada tidak dapat dipikirkan.

Jadi, yang ada (being) itu satu, umum, tetap, dan tidak dapat dibagi-bagi karena membagi yang ada akan menimbulkan atau melahirkan banyak yang ada, dan itu tidak mungkin.

Zeno (+ 490 – 430 SM)
Zeno lahir di Elea, dan murid dari Parmenides.
Menurut Aristoteles, Zenolah yang menemukan dialektika, yaitu suatu argumentasi yang bertitik tolak dari suatu pengandaian atau hipotesis, dan dari hipotesis tersebut ditarik suatu kesimpulan.
Sebagai contoh dalam mengemukakan hipotesis terhadap melawan gerak adalah sebagai berikut:
a.   Anak panah yang dilepaskan dari busurnya sebagai hal yang tidak bergerak karena pada setiap saat anak panah tersebut terhenti di suatu tempat tertentu.
b.    Achiles si jago lari yang termasyhur dalam mitologi Yunani tidak dapat menang melawan kura-kura, karena kura-kura berangkat sebelum Achiles, sehingga Achiles lebih dahulu harus melewati atau mencapai titik di mana kura-kura berada saat dia berangkat.

Empedocles (490 – 435 SM)
Lahir di Akragos, pulau Sicilia. Ia pandai dalam bidang kedokteran, penyair retorika, politik dan pemikir.

Empedocles sependapat dengan Parmenides, bahwa alam semesta di dalamnya tidak ada hal yang dilahirkan secara baru, dan tidak ada hal yang hilang. Tetapi ia mempertahankan adanya pluralitas dan perubahan dari hasil pengamatan indera. Realitas tersusun empat unsur, yaitu api, udara, tanah dan air. Kemudian, empat unsur tersebut digabungkan dengan unsur yang berlawanan. Terdapat dua unsur yang mengatur perubahan-perubahan di alam semesta ini, yaitu, cinta dan benci. Cinta mengatur ke arah pengabungan, benci mengatur ke arah perceraian atau perubahan.

Anaxagoras (+ 499 – 420 SM)
Ia dilahirkan di kota Klazomenai, Ionia. Pemikirannya, realitas bukanlah satu, tetapi terdiri dari banyak unsur dan tidak dapat dibagi-bagi, yaitu atom. Atom ini sebagai bagian yang terkecil dari materi sehingga tidak dapt terlihat dan jumlahnya tidak terhingga.

Tentang terbentuk nya dunia (kosmos), atom-atom yang berbeda bentuk nya itu saling terkait, kemudian digerakkan oleh puting beliung. Semakin banyak atom-atom yang bergerak akan menimbulkan pusat gerak (atom yang padat).

Anaxagoras mengemukakan yang menyebabkan benih menjadi kosmos adlah nus. Nus, yang berarti roh atau rasio. Tidak tercampur dengan benih-benih dan terpisah dari semua benda. Nus mengenal dan menguasai segala sesuatu. Karena ajaran Anaxagoras tentang nus inilah, untuk pertama kalinya dlaam filsafat dikenal adanya pembedaan antara yang jasmani dan yang rohani.

Democritus (460 – 370 SM)
Ia lahir di Kota Abdera di pesisir Thrake di Yunani Utara. Dari karya-karyanya ia telah mewariskan sebanyak 70 karangan tentang bermacam-macam masalah, seperti kosmologi, matematika, astronomi, logika, etika, teknik, musik, puisi, dan lain-lainnya.

Pemikirannya adalah bahaw realitas bukanlah satu, tetapi terdiri dari banyak unsur dan jumlahnya tak terhingga. Unsur-unsur tersebut merupakan bagian materi yang sangat kecil yang disebut atom.

Menurut pendapatnya, atom-atom itu selalu bergerak, berarti harus ada ruang kosong. Maka, Democritus berpendapat bahwa realiatas itu ada dua, yaitu atom itu sendiri (yang penuh) dan ruang tempat atom bergerak (yang kosong).

Yunani Klasik
Pada periode Yunani Klasik ini semakin besar minat orang terhadap filsafat. Aliran yang mngawali periode Yunani Klasik ini adalah Sofisme. Sofisme ini berasal dari kata sophos yang artinya  cerdik pandai. Keahliannya dalam bidang bahasa, politik, retorika, dan terutama tentang kosmos.

Antara kaum Sofis dengan Socrates mempunyai hubungan yang erat sekali. Mereka itu hidup sezaman, pokok permasalahan pemikiran meraka juga sama, yaitu manusia. Perbedaan antara kaum Sofis dengan Socrates adlah bahwa pemikiran filsafat Socrates sebagai suatu raksi dan kritik terhadap pemikiran kaum Sofis.

Kaum Sofis
Istilah Sofis yang berasal dari kata sophistes mempunyai pengertian seorang sarjana atau cendikiawan.

Terdapat tiga faktor yang mendorong timbulnya kaum sofis, yaitu sebagai berikut :
a.      Perkembangan secar pesat kota Athena dalam bidang politik dan ekonomi.
b.      Kota Athena sebagai pusat politik sehingga peranan pendidikan sangat penting untuk mendidik
       kaum mudanya.
c.  Terbukanya masyarakat Yunani terhadap budaya luar akan membuat orang-orang Yunai   menjadi dinamis dan berkembang.

Salah satu Sofisme adalah Gorgias (480 – 380 SM).

Gorgias (480 – 380 SM)
Ia lahir di Leontinni, Sicilia. Menurut pendapatnya yang penting adalah bagaimana dapat meyakinkan orang lain agar menerima pendapat kita.
Pemikirannya yang penting adalah :
a.       Mencari keterangan tentang asal usul yang ada
b.      Bagaimana peran manusia sebagai makhluk yang mempunyai kehendak berpikir
c.       Norma yang sifatnya umum tidak ada, yanga ada norma yang individualistis (subjektivisme).
d.      Bahwa kebenaran tidak dapat diketahui sehingga ia termasuk penganut Skeptisisme.

Aspek positif dari adanya aliran Sofisme ini akan mempengaruhi terhadap kebudayaan Yunani, yaitu suatu revolusi intelektual, dan mengangkat manusia sebagai objek pemikiran filsafat. Aspek negatifnya aliran Sofisme membawa pengaruh yang tidak baik terhadap kebudayaan Yunani.

Socrates
Ia anak seorang pemahat Sophroniscos, dan ibunya bernama Phairnarete, yang pekerjaanya seorang bidan.  Istrinya bernama Xantipe yang dikenal sebagai seorang judes (galak dan keras).

Setiap mengajarkan pengetahuannya socrates tidak memungut bayaran kepada murid-muridnya. Maka ia kemudian oleh kaum sofis sendiri dituduh memberikan ajran barunya, merusak moral para pemuda, dan menentang kepercayaan negara. Kemudian ia ditangkap dan akhirnya dihukum mati dengan minum racun pada umur 70 tahun yaitu pada tahun 399 SM.

Pemikiran filsafatnya untuk menyelidiki manusia secara keseluruhan yaitu dengan menghargai nilai-nilai jasmaniah dan rohaniah yang keduanya tidak dapat dipisahkan karena dengan keterkaitan kedua hal tersebut banyak nilai yang dihasilkan.

Plato (427 – 347 SM)
Ia lahir di Athena, dengan nama asli Aristocles. Ia belajar filsafat dari Socrates, Pythagoras, Heracleitos, dan Elia.

Sebagai titik tolak pemikiran filsafatnya, ia mencoba menyelesaikan permasalahan lama: mana yang benar yang berubah-ubah (Heracleitos) atau yang tetap (Parmenidas). Pengetahuan yang diperoleh lewat indra disebutnya pengetahuan indra, pengetahuan yang diperoleh lewat akal disebut pengetahuan akal.

Dunia Ide dan Dunia Pengalaman
Plato menerangkan bahwa manusia itu sesungguhnya berada dalam dua dunia, yaitu dunia pengalaman yang bersifat tidak tetap, serta dunia ide yang bersifat tetap. Dunia yang sesungguhnya atau dunia realitas itu adalah dunia ide.

Plato mengemukakan bahwa terdapat beberapa masalah bagi manusia yang tidak pantas apabila tidak mengetahuinya. Masalah tersebut adalah sebagai berikut :
a.       Manusia itu mempunyai Tuhan sebagai penciptanya.
b.      Tuhan itu mengetahui segala sesuatu yang diperbuat manusia.
c.       Tuhan hanya dapat diketahui dengan cara negatif, tidak ada ayat, tidak ada anak dan lain-lain.
d.   Tuhanlah yang menjadikan alam ini dari tidak mempunyai peraturan menjadi mempunyai peraturan.

Sebagai puncak pemikiran filsafat Plato adalah pemikirannya tentang negara, yang tertera dalam Polites dan Nomoi.

Konsepnya tentang etika sama seperti Socrates, yaitu bahwa tujuan hidup manusia adalah hidup yang baik (eudaimonia atau well-being).
Menurut Plato, di dalam negara yang ideal terdapat tiga golongan berikut:
a.       Golongan yang tertinggi (para penjaga, para filsuf)
b.      Golongan pembantu (prajurit, yang bertugas untuk menjaga keamanan negara)
c.       Golongan rakyat biasa (petani, pedagan, tukang)

Tugas negarawan adalah mencipta keselarasan antara semua keahlian dalam negara (polis) sehingga mewujudkan keseluruhan yang harmonis.

Apabila suatu negara telah mempunyai undang-undang dasar, bentuk pemerintahan yang paling tepat adalah monarki. Sementara itu, apabila suatu negara belum mempunyai undang-undang dasar, bentuk pemerintahan yang paling tepat adalah demokrasi. Konsep tentang tata negara ini tertera dalam Politea (Tata Negara).

Aristoteles (384 – 322 SM)
ia dilahirkan di Stageira, Yunani Utara pada tahun 384 SM.
Karya-karya Aristoteles berjumlah delapan pokok bahasan sebagai berikut ;
Logika, terdiri dari :
-          Categoriac (kategori-kategori)
-          De interpretatione (perihal penafsiran)
-          Analytics Priora (Analitika logika yang lebih dahulu)
-          Analytica Posteriora (analitika logika yang kemudian)
-          Topica
-          De sophistics elenchis (tentang cara beragumentasi kaum Sofis)

Filsafat Alam, terdiri dari :
-          Phisica
-          De caelo (perihal langit)
-          De generatione et corruption (tentang timbul-hilangnya makhluk-makhluk jasmani)
-          Meteorologica (ajaran tentang badan-badan jagad raya)

Psikologi, terdiri dari :
-          de anima (perihal jiwa)
-          parva naturalia (karangan-karangan kecil tentang pokok-pokok alamiah)

biologi, terdiri dari :
-          de partibus animalium (perihal bagian-bagian binatang)
-          de mutu animalium (perihal gerak binatang)
-          de incessu animalium (tentang binatang yang berjalan)
-          de generatione animalium (perihal kejadian binatang-binatang)

Metafisika, oleh Aristoteles dinamakan sebagai filsafat pertama atau theologica.

Etika, terdiri dari :
-          Ethica Nicomachea
-          Magna moralia (karangan besar tentang moral)
-          Ethica Eudemia

Politik dan ekonomi, terdiri dari :
-          Politics
-          Economics

Retorika dan poetika, terdiri dari :
-          Rhetorica
-          Poetica

Berikut ini akan  kami uraikan tentang beberapa pemikiran Aristoteles yang terdiri dari :
Ajarannya tentang logika

Suatu pengertian memuat dua golongan, yaitu substansi dan aksidensia. Dan dari dua golongan tersebut terurai menjadi sepuluh macam kategori, yaitu :
1)      Substansi (manusia, binatang)
2)      Kuantitas (dua, tiga)
3)      Kualitas (merah, baik)
4)      Relasi (rangkap, separuh)
5)      Tempat (di rumah, di pasar)
6)      Waktu (sekarang, besok)
7)      Keadaan (duduk, berjalan)
8)      Mempunyai (berpakaian, bersuami)
9)      Berbuat (memmbaca, menulis)
10)  Menderita (terpotong, tergilas). Sampai sekarang, Aristoteles dianggap sebagai Bapak logika tradisional.

a.       Ajaranya tentang sillogisme
b.      Ajarannya tentang pengelompokkan ilmu pengetahuan
Aritoteles mengelompokkan ilmu pengetahuan menjadi tiga golongan.
c.       Ajarannya tentang potensia dan dinamika
hule adalah suatu unsur yang menjadi permacaman. Sementara itu, morfe adalah unsur yang menjadi dasar kesatuan.
d.      Ajarannya tentang pengenalan
e.       Ajarannya tentang etika
f.       Ajarannya tentang negara

Filsafat Hellenisme
Lima abad sepeninggal Aristoteles terjadi kekosongan sehingga tidak ada ahli pikir yang menghasilkan buah pemikiran filsafatnya seperti Plato atau Aristoteles, sampai munculnya filosof Plotinus (204 – 270).

Lima abad dari adanya kekosongan di atas diisi oleh aliran-aliran besar (seperti: Epikurisme, Stoaisme, Skeptisisme, dan Neoplatonisme. Menurut sejarah filsafat, masa ini (sesudah Aristoteles) disebut Hellenisme. Filsafat Hellenisme ini dimulai pada pemerintahan Alexander Agung (356 – 23 SM) atau Iskandar Zulkarnain Raja Macedonia.

Epicurisme
Sebagai tokohnya Epicurus (341 – 271 SM), lahir di Samos dan mendapatkan pendidikan di Athena.

Pokok ajarannya adalah bagaimana agar manusia itu dalam hidupnya bahagia. Epicurus mengemukakan bahwa agar manusia dalam hidupnya bahagia terlebih dahulu harus memperoleh ketenangan jiwa (ataraxia).

Terdapat tiga ketakutan dalam diri manusia seperti berikut ini :
Pertama, manusia takut terhadap kemarahan dewa.
Kedua, manusia takut terhadap kematian.
Ketiga, manusia takut terhadap nasib.

Stoaisme
Sebagai tokohnya adalah Zeno (366 – 264 SM) yang berasal dari Citium, Cyprus. Pokok ajarannya adalah bagaimana manusia dalam hidupnya dapat bahagia. Untuk mencapai kebahagiaan tersebut manusia harus haromoni terhadap dunia (alam) dan harmoni dengan dirinya sendiri.

a.       Skeptisisme
Tokoh skeptisisme adalah Pyrrhe (360 – 270 SM). Pokok ajarannya adalah bagaimana cara manusia agar dapat hidup berbahagia. Hal ini ia menengarai bahwa sebagian besar manusia itu hidupnya tidak bahagia, sehingga manusia sukar sekali mencapai kebijaksanaan.

Aliran yang lain tingkatannya lebih kecil dari ketiga aliran di atas adalah : Neopythagoras (merupakan campuran dari ajaran Plato, Aristoteles, dan Kaum Stoa).

b.      Neoplatonisme
Tokohnya adalah Plotinus dan Ammonius. Plotinus (204 – 270 SM) lahir di Lykopolis, Mesir. Titik tolak pemikiran filsafat Plotinus adalah bahwa asas yang menguasai segala sesuatu adalah satu.

Pemikirannya, karena Tuhan isi dan titik tolak pemikirannya, Tuhan dianggap Kebaikan Tertinggi dan sekaligus menjadi tujuan semua kehendak.

Karena zaman Neoplatonisme ini diwarnai oleh agama, zaman ini disebutnya sebagai zaman mistik. 

Filsafat persia

Agama merupakan sistem yang mengatur tata keagamaan dan peribadatan kepada Tuhan serta kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta manusia dan lingkungan.[1] Agama-agama yang ada di dunia ini masih tetap bertahan hingga saat ini dan telah berkembang secara pesat. Perkembangan itu diakibatkan karena penyebaran injil yang tak henti-hentinya yang dilakukan oleh para pengikutnya. Agama yang akan di bahas dalam paper ini adalah Agama Zoroaster yang terdapat di Persia. Agama Zoroaster merupakan agama yang peradabannya telah berkembang sejak dulu kala. Ada beberapa hal yang akan dibahas dalam paper ini mengenai Agama Zoroaster yaitu: sejarah dan  ajaran-ajaran utamanya: dewa/dewi, ketuhanan, manusia dan cara-cara hidup yang baik.
            Zoroastrianisme adalah Agama Persia kuno yang mengajarkan bahwa segala yang ada terlibat dalam perebutan yang tak henti-hentinya antara dewa kebaikan dan dewa kejahatan.[2]  Zoroastrianisme berlandaskan pada ajaran Zarathusta. Zarathusta sendiri adalah seorang nabi Persia yang di kenal di negara barat sebagai Zoroaster. Kelahiran Zarathusta diperkirakan pada rentan waktu yang cukup panjang antara tahun 1200 dan 600 SM. Dewasa ini pengkutnya berkisar 200.000 orang. Domisili terbanyak terdapat di daerah India dan Iran.
Filsafat Persia
            Zoroaster adalah seorang imam pengajar. Ajarannya diabadikan dalam 17 puji-pujian yang disebut Gatnas[4].  Puji-pujian yang diabadikan tersebut, tertulis dalam bentuk puisi-puisi yang hanya dimengerti oleh sebagian orang, sehingga sulit untuk di terjemahkan. Penganut Zoroastrianisme beribadat kepada Ahura Mazda di dalam “kuil api”. Kuil api sendiri artinya sebuah tempat dimana api terus menyala sebagai lambang dewa.
Zoroastrianisme menekankan peran Ahura Mazda, sebagai pencipta yang baik tanpa ada kejahatan di dalamnya. Dengan kata lain Zoroastrianisme mengajarkan kebaikan dan kejahatan memiliki sumber-sumber yang berbeda. Di sini sang penciptaan Mazda menjadi pelindung atas kejahatan yang berusaha menghancur-kan. Teks yang paling penting dari agama ini adalah dari Avesta.
Zoroastrianisme merupakan ajaran yang sangat kuno, dalam masyarakat Irak. Ajaran ini disebut juga sebagai agama nasional Irak selama berabad-abad sebelum terpinggirkan oleh agama Islam pada abad ke-7.[5] Sebutan untuk pengikut ajaran ini disebut juga dalam bahasa Inggris, yakni Zoroaster, Zarathustrian atau Behdin, yang berarti pengikut Daena.

Keberadaan, Perkembangan Zoroastrianisme
Zoroastrianisme merupakan salah satu ajaran tertua yakni sekitar awal milenium pertama SM. Sejarah Herodotus (akhir 440 SM) menjelaskan bahwa masyarakat Iran Greater mengenal Zoroaster pada periode awal zaman Achaemenid (648-330 SM), khususnya yang berkaitan dengan peran orang Majus. Menurut Herodotus, orang Majus adalah suku keenam dari median (sampai penyatuan Kerajaan Persia di bawah pemerintahan kaisar Cyrus Agung, di mana semua Iran disebut sebagai "Mede" atau "Mada" oleh bangsa-bangsa Dunia Kuno).

Walaupun tidak dijelaskan Cyrus II adalah seorang Zoroaster, namun pengaruh ajaran Zoroastrianisme kemudian yang memungkinkan Koresy membebas-kan orang-orang Yahudi dari penawanan dan memungkinkan untuk kembali ke Yudea, ketika kaisar Cyrus agung mengalahkan Babel pada tahun 539 SM. 
Kemudian zaman kaisar. Menurut prasasti Behistum, Darius adalah pemuja Ahura Mazda. Setelah Darius I, dalam prasasti Achaemenid, kaisar Akhemenid mengakui pengabdiannya kepada Ahura Mazda, yang kemudian dikenal dalam sejumlah teks Zoroaster Avesta.  Kemudian pada pemerintahan Siculus, Raja sekitar tahun 60 SM muncul untuk mendukung Zoroaster.[6]
Ajaran-ajaran
Dewa-dewa
Dewa yang baik dalam agama ini dapat disebut Ahura Mazda, dewa kebijaksanaan. Ahura Mazda adalah dewa tertinggi yang menjadi simbol. Nama Ahura Mazda berarti “Dewa Tertinggi” atau ”Dewa Kebijaksanaan” dan ia juga sebagai pencipta, dewa kebaikan, yang semua orang menyembah kepadanya.
              Hal itu dapat dikatakan, bahwa Zoroaster menyangkal/meniadakan perwujudan dari berbagai dewa dan iblis. Pemeluk agama ini tidak begitu percaya akan Ahura Mazda memerintah segalanya, sehingga mereka juga mengakui bahwa kekuatan iblis berasal dari Dewa Angra Mainyu/ Ahriman. Hal inilah yang dipercayai pemeluk agama ini yaitu ada dua kekuatan yang menguasai dunia ini, yaitu kebaikan di bawah Ahura Mazda dan kejahatan di bawah Angra Mainyu. Jika menggunakan pengetian seperti di atas maka pandangan seperti ini dapat dikatakan sebagai Dualisme.
            Para peneliti dan pengikut sependapat, Zoroastrianisme  dibandingkan dengan Kekristenan, dimana dengan adanya sebuah Doktrin Trinity dan meyakini adanya kekuatan jahat, dapat disamakan sebagai monotheisme.

Pengikut Zoroaster percaya juga pada 6 kekuatan roh, yaitu sesuatu yang bukan Tuhan dan juga tidak tepat jika dikatakan makhluk. 6 Roh tersebut adalah, sbb:[7]
1. Vohu Mada yaitu roh yang memiliki jiwa berbudi dan mati di surga. Kadang-kadang dia disebut pikiran yang baik atau penglihatan yang baik, dan dia  akan memberikan dua macam kebijaksanaan pada siapa yang memperhatikannya. Vohu Mada mengharuskan Umat Zoroaster mengorbankan binatang untuknya,  sekarang umat mempersembahkan susu dan mentega dalam ritual.
2. Kshathra yaitu roh yang mahamulia dan pejuang kerajaan yang membela orang miskin. Dia kadang-kadang disebut KebaikanDominion Ahura Mazda.
3. Asha Vahista yaitu dewa pembela perintah-perintah dunia dan memerangi iblis. Dia adalah roh kebenaran dan keadilan, yang memilki tujuan untuk memerangi kebohogan.
4. Armati yaitu penyokong kebijaksanaan di bumi, merupakan roh wanita dari devosi yang kudus dan pemikiran yang benar
5. Haurvatat yaitu roh yang membawa kemakmuran, kemurnian dan  kesehatan. Ia juga dalam komando air dan ia menggambarkan air dalam upacara Yana.
6. Ameretat yaitu roh yang memberikan kehidupan yang kekal, atau setidak-tidaknya umur yang panjang, atau petunjuk agar memiliki umur yang panjang untuk kehidupan yang kekal. Dia menggambarkan Haoma dalam upacara Yasna. Ameretat dan Haurvatat hamper selalu berpasangan.
7.  Roh Kudus
Spenta Mainyu, Roh Kudus dewa, merupakan sebuah konsep yang bertalian. Dia tidak dianggap satu dari Amesha Spentas, karena sifatnya hampir serupa dengan Ahura Mazda dan dia memiliki tujuan yang sama dengannya. Spenta Aminyu tidak memiliki kehidupan yang berbeda dari Ahura Mazda, tetapi  mengalami penambahan roh, karena kehadirannya menolong pendistribusian seluruh ciptaan dari Ahura Mazda. Dia juga menolong menyempurnakan realisasi diri ilahi Ahura Mazda.[8]

Penciptaan Alam Semesta dan Manusia
            Orang kuno iran mempercayai, bahwa langit adalah bagian pertama dari penciptaan dunia. Digambarkan bahwa bumi terbuat dari lingkaran pelindung dari batu kristal, kemudian berubah lagi menjadi besi. Penciptaan berikutnya adalah air, setelah bumi. Lalu muncul lagi tumbuhan dan hewan. Manusia diciptakan pada hari ke-6, dan api diciptakan terakhir kali.
            Gunung dipercayai oleh mereka tumbuh dari permukaan bumi, yang awalnya bumi ini datar. Menurut kitab Avesta gunung pertama kali dapat tercipta setelah 800 tahun berjalan. Air juga merupakan salah satu hal terpenting dalam agama ini. Menurut kitab suci Avesta, air dilambangkan sebagai pembawa kehidupan. Sungai yang terutama bernama sungai Harahvaiti.
Selain itu juga ada juga tumbuhan. Mereka menyimbolkan sebagai pohon yang timbul di tepi sungai atau aliran air. Pohon itu disimbolkan sebagai benih dari kehidupan yang mendapat makanan dari aliran sungai tersebut. Ada juga hewan yang pertama kali diciptakan. Hewan itu sejenis dengan sapi. Pusat dari keberadaan hewan ini terdapat di sebelah timur sungai.
Manusia juga salah satu dari proses penciptaan. Dalam kitab Yasht, digambarkan seseorang pria yang berperawakan tinggi dan terang bagaikan matahari. Dewa Angra Mainyu membunuh manusia pertama itu yang bernama Gayomartan. Dari peristiwa itu selama lebih dari 40 tahun barulah muncul manusia baru, yang diperkirakan sebagai orang pertama, yaitu Mashya dan Mashyanang.

Filosofi Umat Zoroaster
            Filosofi umat Zoroaster tersusun 2 bagian: etika dan eskatologi
a) Etika
            Dalam Agama Zoroaster, hidup yang ideal dapat disimpulkan secara sederhana dalam 3 cara hidup yang baik yaitu: pikiran yang baik, perkataan yang baik, dan perbuatan yang baik.[9]

  b) Akhir Zaman
            Pada saat kematian, orang akan berdiri  dihadapan Sraoha (kepatuhan terhadap Tuhan), Rashnu (keadilan), dan Mithra (kebenaran).[10] Jika seseorang dapat membuktikan bahwa dia memiliki perbuatan baik  yang lebih banyak daripada perbuatan yang buruk, maka ia akan diselamatkan. Jika perbuatan yang baik seimbang dengan perbuatan yang buruk, orang akan melanjutkan ke penghakiman yang terakhir di sebut Hamestaken

Kesimpulan
Dalam perjalanannya, zoroastrianisme mengalami perkembangan dan tergeser oleh keberadaan Agama Islam. Tergesernya agama ini dikarenakan oleh banyaknya kesamaan dari kedua agama ini dan penyebaran agama juga menjadi kendala yang terutama. Agama Zoroaster dengan dewa tertngginya adalah Ahura Mazda tetap ada sampai saat ini. Mereka berada di Tehran, Iran ataupun di India.
Agama zoroaster sendiri merupakan agama yang mengajarkan tentang kebaikan dan kepatuhan dalam menyembah dewa tertinggi. Memang dalam perjalanannya para pemeluk tidak dapat terpisah oleh dua hal yang ada di dunia ini yaitu kejahatan dan kebaikan. Sehingga yang dituntut dari para pemeluk adalah kepatuhan hati untuk menyembah dewa Ahura Mazda, karena hanya dengan menyembah dewa ini maka pemeluk akan memperoleh keselamatan.

Filsafat India

Filsafat India dibagi atas lima periode besar. Yaitu :Zaman Modern (setelah 1757)

1.     Zaman Weda (2000 - 600 SM)

Bangsa Aryam masuk ke India dari utara, sekitar 1500 SM. Literatur suci mereka disebut Weda, yang terdiri dari Samhita, Brahmana, Aranyaka, dan Upanisad. Samhita memuat Rigweda (kumpulan pujian-pujian), Samaweda (himne-himne liturgis), Yajurweda (rumus-rumus korban), dan Artharwaweda (rumus-rumus magis). Brahmana, Aranyaka, dan Upanisad memuat komentar-komentar pada semua literatur. Upanisad merupakan yang terpenting dari filsafat India, yang sepanjang sejarah India merupakan sumber yang sangat kaya untuk inspirasi dan pembaharuan.

Tema yang menonjol untuk Upanisad adalah ajaran tentang hubungan Atman dan Brahman. Atman adalah segi subjektif dari kenyataan, "diri" manusia. Sedangkan Brahman adalah segi objektif, makrokosmos, alam semesta. Upanisad mengajarkan bahwa Atman dan Brahman memang sama dan bahwa manusia mencapai keselamatan (moksa, mukti) kalau ia menyadari identitas Atman dan Brahman.

2.     Zaman Skeptisisme (600 SM – 300 M)

Sekitar tahun 600 SM mulai suatu reaksi, baik terhadap ritualisme imam-imam maupun terhadap spekulasi hubungan dengan korban para rahib. Para imam mengajarkan ketaatan pada kitab suci, tetapi para rahib mengajarkan suatu metafisika dimana ketaatan ini mengganggu kebaktian kepada dewa-dewa. Reaksi ini dating dalam berbagai bentuk. Tetapi, yang terpenting diantaranya adalah Buddhisme, ajaran dari Gautama Buddha, yang memberi pedoman praktis untuk mencapai keselamatan dan mengajarkan secara nyata bagaimana manusia dapat mengurangi pemderitaannya dan bagaimana ia mencapai terang budi yang membawa keselamatan.

Reaksi lain adalah kebaktian yang lebih eksklusif kepada Siwa dan Wisnu dan juga Jainisme dari Mahawira Jina. Keduanya merupakan bentuk agama yang menarik daripada ritualisme dan spekulasi dari imam dan para rahib. Sebagai kontra-reformasi, munculah hinduisme resmi enam sekolah ortodoks (disebut ortodoks karena Buddhisme dan Jainisme yang tidak berdasarkan Weda dianggap bidah).  Sekolah itu adalah Saddharsana (Nyaya, Waisesika, Samkhya, Yoga, Purwa-Mimamsa, dan Ynana). Adalah yang terpenting dari sekolah itu adalah Samkhya (artinya jumlah)dan Yoga (dari kata "juj", menghubungkan). Yoga mengajarkan suatu jalan (marga) untuk mencapai kesatuan dengan ilahi. Samkhya mengajarkan sebagai tema terpenting hubungan alam-jiwa, kesadaran-materi.

3.     Zaman Puranis (300 – 1200)

Setelah tahun 300, Buddhisme mulai lenyap dari India. Pemikiran India dalam abad pertengahan dikuasai oleh spekulasi teologis, terutama mengenai inkarnasi dewa-dewa. Contoh cerita tentang inkarnasi dewa-dewa terdapat dalam dua epos besar, Mahabharata dan Ramayana.

4.     Zaman Muslim (1200 – 1757)

Dua nama yang menonjol dalam periode muslim yaitu Kabir (pengarang syair) yang mencoba mengembangkan suatu agama universal, dan Guru Nanak (pendiri aliran Sikh) yang mencoba menyerasikan Islam dan hinduisme.

5.     Zaman Modern (setelah 1757)
Zaman Modern (setelah 1757)

Zaman modern adalah zaman pengaruh Inggris di India mulai tahun 1757. Periode ini memperlihatkan kembali nilai-nilai klasik India, bersama dengan pembaharuan sosial. Nama penting dalam periode ini adalah Raja Ram Mohan Roy (1772-1833) yang mengajarkan monoteisme berdasarkan Upanisad dan suatu moral berdasarkan Khotbah di Bukit dari Injil, Vivekananda (1863-1902) yang mengajarkan semua agama benar tetapi agama Hindu paling cocok di India, Gandi (1869-1948), dan Rabindranath Tagore (1861-1941) sang pengarang syair dan penmikir religius yang membuka pintu untuk ide-ide luar.

Sejumlah pemikir India zaman sekarang melihat banyak kemungkinan untuk dialog antara filsafat Timur dan filsafat Barat. Radhakrishnan (1888-1975) mengusulkan pembongkaran batas-batas ideologis untuk mencapai suatu sinkretisme hindu-kristiani, yang dapat berguna sebagai pola berpikir masa depan seluruh dunia. Pemikir-pemikir lain tidak begitu optimis dengan kemungkinan ini. Menurut mereka, perbedaan antara corak berpikir Timur dan Barat terlalu besar untuk mengadakan suatu interaksi, dalam arti "saling melengkapi". Filsafat India dapat belajar dari rasionalisme dan positivisme Barat. Filsafat Barat dapat belajar dari intuisi Timur mengenai kesatuan dalam kosmos dan mengenal identitas mikrokosmos. Mungkin, filsafat Barat terlalu duniawi sedangkan filsafat Timur terlalu mistik.i, dalam arti "saling melengkapi".

News

Akhirnya  di buat juga launcher website hizbut tahrir
indonesia |HTI di android , yang bernama website hti
di android (websiteHTI.apk)
aplikasi website versi android ini belum bisa di upload
ke market android karena terbentur  pemakaian kartu
kredit untuk setiap pendaftaran account market
android.
untuk mengatasi kendala seperti itu maka kami
uploadkan di google drive di link tadi website hti versi
android.
nanti akan masuk ke m.hizbut.tahrir.or.id
jadi tidak perlu masuk ke opera, atau browser android
lainnya ..cukup download dan instal di hp android
anda.
silahkan sebarkan....

BkS

Kisi2bks
11Asas bk
4catur sukses dalam aplikasi
contoh materi yg diberikan pada tiap bimbingan
Program semestr dan program tahunan kenapa haruz ada evaluasi
Bimbingan budaya
081392705631

Teori paulo freire

Pertama, kesadaran magis (magical consciousness). Adalah sebuah keadaan dimana seorang manusia tidak mampu memahami realitas disekitarnya sekaligus dirinya sendiri. Bahkan dalam menghadapi kehidupan sehari-harinya ia lebih percaya pada kekuatan takdir yang telah menentukan dan melihat kebenaran sebagai dogma (fatalis). Semua adalah kehendak Tuhan. Dalam kesadaran magis, orang hanya melihat hubungan antara dua hal yang akan saling mempengaruhi, bersifat linear. Mereka yang berada di kesadaran magis tidak mampu melihat hal lain yang menyebabkan mengapa mereka mengalami sesuatu. Mereka sadar mereka melakukan sesuatu tetapi tidak mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengubahnya. Akibatnya, bukannya melawan atau mengubah realitas di mana mereka hidup, mereka justru menyesuaikan diri dengan realitas yang ada. Terima saja apa yang ada dan berharap pada kebaikan ’kaum penindas’, jangan mempertanyakan di luar hubungan linear tadi. ”Mengapa bodoh, karena tidak bersekolah”. ”Mengapa tidak bersekolah, karena tidak ada uang”. Dalam kesadaran ini, ’mereka menganggap dirinya sebagai obyek yang dikenai perlakuan, bukannya subyek yang mampu melakukan sesuatu’. Individu meyakini bahwa kebodohan adalah sesuatu yang sudah melekat pada dirinya.

Kedua, kesadaran naif (naival consciousness). Adalah keadaan dimana seseorang mulai mengerti akan adanya permasalahan namun kurang bisa menganalisa persoalan-persoalan sosial tersebut secara sistematis. Individu mulai tidak menerima semua yang selama ini telah terjadi begitu saja dan mulai pada proses berpikir dan mengidentifikasi terhadinya masalah-masalah. Proses identifikasi oleh individu tertindas ini kemudian menuju kepada proses ’menyalahkan’. Menyalahkan mengapa ini bisa terjadi pada dirinya, dan fokus jawaban berkisar kepada kesalahan penindas yang bergerak secara berlebihan di luar jalur, baik jalur norma atau hukum. Fokus dari kegiatan ’menyalahkan’ adalah pada diri individu penindas, bukan pada sesuatu yang lebih luas lagi, belum melihat kepada kesalahan sistem.  Dalam tahap ini individu sudah mulai bergerak dari kesadaran ’menyalahkan’ obyek (uang, tanah, pendapatan) dan keadaan yang tidak bisa dirubah lagi, menjadi sebuah kesadaran untuk ’menyalahkan’ orang-orang (penindas) yang bertindak ’menyeleweng’. Walaupun demikian, individu tetap mengikuti sistem, penguasa dan kata-katanya, juga terjadi proses peniruan yang dilakukan oleh individu tertindas untuk menjadi sama dengan penindas. Dalam kesadaran ini, individu-individu yang tertindas kemudian berusaha membentuk kelompok untuk mencari kekuatan dan dukungan, dan ini menjadi embrio yang nantinya akan melahirkan kesadaran yang lebih tinggi. Apabila dikaitkan dengan pendidikan, maka pendidikan dalam konteks ini tidak pernah mempertanyakan keabsahan sebuah sistem dan struktur yang salah.


Ketiga, kesadaran kritis (critical consciouness). Adalah sebuah keadaan dimana seseorang mampu berpikir dan mengidentifikasi bahwa masalah yang dihadapi harus ditelaah secara lebih dalam, bukan berfokus kepada individu-individu penindas yang menyimpang, tetapi kepada sistem yang menindas. Dalam tahap ini, individu memperoleh kesadaran bahwa dirinya tidak bisa dan tidak ingin untuk menyerupai penindas. Harus ada perubahan sebuah sistem secara menyeluruh, bukan pada pembaruan atau bahkan penghancuran individu-individu tertentu. Ada proses ’humanisasi’ di mana seorang individu ingin menunjukkan eksistensinya sebagai seorang manusia yang bebas menetukan dan berbeda. Dengan demikian, individu-individu yang terkumpul tadi telah terfokus pada etnisitasnya sendiri, ’bukan karena mereka membenci penindas dan sekedar ingin tampil beda, tetapi karena mereka ingin menjadi dirinya sendiri sebagai manusia yang unik dan jujur terhadap tradisi dan kebiasaan mereka sendiri’ (Smith, 2001 ; 81). Untuk mencapai kesadaran ini, individu memerlukan model ataupun peristiwa yang menjadi trigger atau panutan yang bisa mendorong dan menghantarkan seseorang bertransformasi dari kesadaran naif menjadi kesadaran kritis. Dalam tahap ini, ada kesadaran untuk ’memberontak’ dari sistem yang selama ini menindas dan mendirikan sistem baru yang lebih berkeadilan dan ’menghindari konsep-konsep’ yang telah diterima sebelumnya dalam menganalisis sesuatu. Poin yang perlu disadari adalah penindasan dan dehumanisasi bukanlah fitrah

Tempat jual al-quran miracle the refference 66 in 1 di yogyakarta

Jln. Balerejo No. 35, Muja Muju, Umbulharjo Yogyakarta 55165 INDONESIA tel+62 2748208 228 fax+62 274 556 794 –0817 9000 332

Geostrategi indonesia

Setiap bangsa untuk
Mempertahankan eksistensi
Mencapai cita-cita
Dalam implementasinya butuh strategi

Geostrategi indonesia
Mewujudkan cita-cita proklamasi
Pidato soekarno di BPUPKI
Kemerdekaan / proklamasi / bukan tujuan > Tetapi hanya sebgai sarana/ jembatan emas
Cita-cita pembukaan UUD 1945 > Pembangunan nasional
Kesatuan kebudayaan
Bangsa infonesia memiliki budaya yg beranekargam yg tumbuh dan berkembang
Sehingga membentuk kebudayaan nasional:
Kesatuan wilayah
Terdiri dari darat dan laut/ maritim
Kesatuan asas kerohanian
Menjadikan pancasila sebgai dasar falsafah bngsa indonesia

Ketahaan nsional adalah suatu kondisi dinamis suatu bngsa yg berisi ketangguhan dan keuletan yg mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segla ancaman / gangguan  / hambatan dan tantangn baik yg datang dari luar maupu dari dalam negri
Yg langsung maupun tidak langsung membahayakan intergrotas, idenntitas keangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mengejar tujuan nasional indonesia
Konsep ketahanan nazional : segala kehijakan yg terkait dgn krtahanan.
Kekuatan apa?  Kelemahan ? Strategi?  > strategi ketaahanan keamanan

Soal manajemen mutu

20.Aplikasi tqm
19.PEngertian zerro defect
1.Sejarah dan pengertian qfd
Cara menyusun qfd
Definisi sekatah iso 9000,9001,14000
Ciri-ciri menonjol pada masng2 iso
Contoh penerapan iso pada makanan,kosmetik,obat2an keselamatan kerja
Definisi kepemimpinan
Tipe kepemimpinan dan ciri2nya
15.Definisi just in time
Manfaan JIT untuk bisnis besar dan kecil
persyaratan untuk penerapan JIT
Kelebihan dan kekurangan sistem JIT
Model pengambilan keputusan
Contoh kepemimpinan dalam negri dan luar negri
11.Bagaimana kepmimpinan rosul dan khalifah sesudahnya
Apa karya dan peristiwa  g penting pada zamannya
12.Pengertian pengambilan keputusan

Geopolitik indonesia

Berdasarkan pada nilai ketuhanan dan kemanusiaan yg luhur.
Indonesia trletak diantara 2 benua azia daj austalia dan dua samudra antara pasifik dan hindia

Daftar Mata Uang Negara di Dunia Lengkap Terbaru

Dollar, Dinar, Dirham, Peso, Euro adalah salah satu nama-nama mata uang yang populer. Mata uang tersebut digunakan oleh lebih dari satu negara. Seperti yang anda ketahui, setiap negara menerapkan mata uang sebaga alat transaksi perdagangan. Berikut ini adalah daftar nama-nama mata uang (duit) di seluruh dunia. Bagi ade-ade pelajar sekolah, mata uang negara dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial sedangkan bagi para rekan-rekan yang menghadapi seleksi rekrutmen karyawan biasanya akan muncul di soal-soal pengetahuan umum. Untuk memudahkan, daftar mata uang disusun kedalam dua tabel yaitu berdasarkan negara dan berdasarkan mata uang. Inilah daftar lengkap mata uang dunia : A. Daftar mata uang berdasarkan mata uang No. Negara Mata Uang 1 Afganistan Afgani 2 Panama Balboa 3 Muangthai Bath 4 Bolivia Biliviarnus 5 Ethiopia Birr 6 Venezuela Bolivar 7 Ghana Cedi 8 Haiti Courde 9 Brasilia Cruzeiro 10 Jerman Deutsche Mark 11 Aljazair Dinar 12 Irak Dinar 13 Kuwait Dinar 14 Libia Dinar 15 Yordania Dinar 16 Yugoslavia Dinar 17 Emirat Arab Dirham 18 Maroko Dirham 19 Abbesinia Dollar 20 Amerika Serikat Dollar 21 Australia Dollar 22 Brunei Dollar 23 Hongkong Dollar 24 Jamaika Dollar 25 Liberia Dollar 26 New Zeiland Dollar 27 Singapura Dollar 28 Taiwan Dollar 29 Zimbabwe Dollar 30 Vietnam Dong 31 Yunani Dracham 32 Mozambik Escudo 33 Portugal Escudo 34 EROPA EURO 35 Hongaria Forint 36 Afrika Tengah Franc 37 Belgia Franc 38 Chad Franc 39 Kamerun Franc 40 Kongo Franc 41 Luxemburg Franc 42 Monako Franc 43 Perancis Franc 44 Senegal Franc 45 Swiss Franc 46 Paraguay Guarini 47 Surinama Guilder 48 Belanda Gulden 49 Yaman Imani 50 Papua New Gini Kina 51 El Salvador Kolon 52 Nicaragua Kordoba53 Cekoslawakia Koruna 54 Islandia Krona 55 Denmark Krone 56 Norwegia Kroon 57 Swedia Kroon 58 Angola Kwanza 59 Burma/Myanmar Kyat 60 Albania Lek 61 Honduras Lempira 62 Rumania Leu 63 Bulgaria Lev 64 Turki Lira 65 Vatikan Lira 66 Italia Lire 67 Finlandia Markka 68 Nigeria Naira 69 Laos New Kip 70 Spanyol Peseta 71 Argentina Peso 72 Chili Peso 73 Dominika Peso 74 Filipina Peso 75 Kolombia Peso 76 Kuba Peso 77 Mexico Peso 78 Uruguay Peso 79 Irlandia Pound 80 Israel Pound 81 Libanon Pound 82 Malvinas Pound 83 Mesir Pound 84 Siprous Pound 85 Sudan Pound 86 Suriah Pound 87 Syria Pound 88 Inggris Pound Sterling 89 Guatemala Querizal 90 Afrika Selatan Rand 91 Namibia Rand 92 Iran Real 93 Oman Real 94 Qatar Real 95 Saudi Arabia Real 96 Kamboja Riel 97 Malaysia Ringgit 98 Soviet Rubbel 99 Ceylon Rupee 100 India Rupee 101 Nepal Rupee 102 Pakistan Rupee 103 Srilangka Rupee 104 Indonesia Rupiah 105 Austria Shilling 106 Kenya Shilling 107 Tanzania Shilling 108 Peru Sole 109 Equador Surrve 110 Bangladesh Taha 111 Mongolia Tugrik 112 Korea Won 113 Korea Utara Won 114 Jepang Yen 115 Cina Yuan 116 Polandia Zloty sumber referensi tambahan bisa ditemukan di : invir.com/mata_uang.html

B. Daftar mata uang berdasarkan negara No. Negara Mata Uang 1 Abbesinia Dollar 2 Afganistan Afgani 3 Afrika Selatan Rand 4 Afrika Tengah Franc 5 Albania Lek 6 Aljazair Dinar8 Angola Kwanza 9 Argentina Peso 10 Australia Dollar 11 Austria Shilling 12 Bangladesh Taha 13 Belanda Gulden 14 Belgia Franc 15 Bolivia Biliviarnus 16 Brasilia Cruzeiro 17 Brunei Dollar 18 Bulgaria Lev 19 Burma/Myanmar Kyat 20 Cekoslawakia Koruna 21 Ceylon Rupee 22 Chad Franc 23 Chili Peso 24 Cina Yuan 25 Denmark Krone 26 Dominika Peso 27 El Salvador Kolon 28 Emirat Arab Dirham 29 Equador Surrve 30 EROPA EURO 31 Ethiopia Birr 32 Filipina Peso 33 Finlandia Markka 34 Ghana Cedi 35 Guatemala Querizal 36 Haiti Courde 37 Honduras Lempira 38 Hongaria Forint 39 Hongkong Dollar 40 India Rupee 41 Indonesia Rupiah 42 Inggris Pound Sterling 43 Irak Dinar 44 Iran Real 45 Irlandia Pound 46 Islandia Krona 47 Israel Pound 48 Italia Lire 49 Jamaika Dollar 50 Jepang Yen 51 Jerman Deutsche Mark 52 Kamboja Riel 53 Kamerun Franc 54 Kenya Shilling 55 Kolombia Peso 56 Kongo Franc 57 Korea Won 58 Korea Utara Won 59 Kuba Peso 60 Kuwait Dinar 61 Laos New Kip 62 Libanon Pound 63 Liberia Dollar 64 Libia Dinar 65 Luxemburg Franc 66 Malaysia Ringgit 67 Malvinas Pound 68 Maroko Dirham 69 Mesir Pound 70 Mexico Peso 71 Monako Franc 72 Mongolia Tugrik 73 Mozambik Escudo 74 Muangthai Bath 75 Namibia Rand 76 Nepal Rupee 77 New Zeiland Dollar 78 Nicaragua Kordoba 79 Nigeria Naira 80 Norwegia Kroon 81 Oman Real 82 Pakistan Rupee 83 Panama Balboa84 Papua New Gini Kina 85 Paraguay Guarini 86 Perancis Franc 87 Peru Sole 88 Polandia Zloty 89 Portugal Escudo 90 Qatar Real 91 Rumania Leu 92 Saudi Arabia Real 93 Senegal Franc 94 Singapura Dollar 95 Siprous Pound 96 Soviet Rubbel 97 Spanyol Peseta 98 Srilangka Rupee 99 Sudan Pound 100 Suriah Pound 101 Surinama Guilder 102 Swedia Kroon 103 Swiss Franc 104 Syria Pound 105 Taiwan Dollar 106 Tanzania Shilling 107 Turki Lira 108 Uruguay Peso 109 Vatikan Lira 110 Venezuela Bolivar 111 Vietnam Dong 112 Yaman Imani 113 Yordania Dinar 114 Yugoslavia Dinar 115 Yunani Dracham 116 Zimbabwe Dollar Update : Thailand = Baht Timor Leste = Dollar Itulah daftar lengkap nama mata uang seluruh dunia.

Daftar Mata Uang Negara di Dunia Lengkap Terbaru

Dollar, Dinar, Dirham, Peso, Euro adalah salah satu nama-nama mata uang yang populer. Mata uang tersebut digunakan oleh lebih dari satu negara. Seperti yang anda ketahui, setiap negara menerapkan mata uang sebaga alat transaksi perdagangan. Berikut ini adalah daftar nama-nama mata uang (duit) di seluruh dunia. Bagi ade-ade pelajar sekolah, mata uang negara dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial sedangkan bagi para rekan-rekan yang menghadapi seleksi rekrutmen karyawan biasanya akan muncul di soal-soal pengetahuan umum. Untuk memudahkan, daftar mata uang disusun kedalam dua tabel yaitu berdasarkan negara dan berdasarkan mata uang. Inilah daftar lengkap mata uang dunia : A. Daftar mata uang berdasarkan mata uang No. Negara Mata Uang 1 Afganistan Afgani 2 Panama Balboa 3 Muangthai Bath 4 Bolivia Biliviarnus 5 Ethiopia Birr 6 Venezuela Bolivar 7 Ghana Cedi 8 Haiti Courde 9 Brasilia Cruzeiro 10 Jerman Deutsche Mark 11 Aljazair Dinar 12 Irak Dinar 13 Kuwait Dinar 14 Libia Dinar 15 Yordania Dinar 16 Yugoslavia Dinar 17 Emirat Arab Dirham 18 Maroko Dirham 19 Abbesinia Dollar 20 Amerika Serikat Dollar 21 Australia Dollar 22 Brunei Dollar 23 Hongkong Dollar 24 Jamaika Dollar 25 Liberia Dollar 26 New Zeiland Dollar 27 Singapura Dollar 28 Taiwan Dollar 29 Zimbabwe Dollar 30 Vietnam Dong 31 Yunani Dracham 32 Mozambik Escudo 33 Portugal Escudo 34 EROPA EURO 35 Hongaria Forint 36 Afrika Tengah Franc 37 Belgia Franc 38 Chad Franc 39 Kamerun Franc 40 Kongo Franc 41 Luxemburg Franc 42 Monako Franc 43 Perancis Franc 44 Senegal Franc 45 Swiss Franc 46 Paraguay Guarini 47 Surinama Guilder 48 Belanda Gulden 49 Yaman Imani 50 Papua New Gini Kina 51 El Salvador Kolon 52 Nicaragua Kordoba

Prilaku prganisasi

Proses pembentuksn kloempok menurut kreitner:
Orientasi; konflik dan tantangan; kohesi; delusi ; disillusi ; penerimaan
Yang mempengaruhi kelompok
Size ; komposisi ; norma ; tujuan ; keakraban ; kepemmpinan dan lingkungan luar

Cohesiveness
Faktor peningkatan
Jumlah sedikit ; interaksi orang-seorang, tujuan jelas, kesuksesan
Akibat keakraban
Tujuan lebih mudah tercapai, kepuasan pribadi, kelompok terpelihara,
Faktor pendorong
Prastise dan status, hubungan kerja sama yang erat, interaksi yang sering dilakukan, kelompok kecil, banyak kesamaan diantara kelompok, imej kelompok yang meeasa super,

Jenis kelompok
Fungsional, tugas, internal

Pentingnya kelompok
Peran yg diharapkan, peran yg diberikan, peran yg sebenarnya, peran yg dilakukan
Peran dinamis
Role ambiguity
Role conflict: inter role conflict, intra role conflict, intra sender role conflict, person-role conflict,

Kelmpok yg matang
Kausalitas konflict
Jenisnya : functional, disfunctional
Penyebab munculnya konflik : interdepensi, kompetisi, perbedaan tujuan dan kegiatan, kepribadian.
Akibat konflik
Muncul pertengkaran,

Manajemen konflik
Mendorong konflik
Mendorongnya persaingan sehat, mengubah prosedur, mengajak org luar untuk memicu konflik
Mencegah konflik
Menambah resorsis yg kurang, mengtur hub interdepensi,  menyusun tujuan, mengembangkan hubungan
Menyelesaikan konflik
Avoidance, smoothing, compromise, confrontation.

2 hal ttg manajemen konflik
Conflict trigger

Manajemen kelompok
Manj. Kelpk. Dlm org.

Kewiaan sesi 8

Rule of law dn HAM
Latar belakang pemeraintah adalahraja.
Ada perbedaan atara negara hukum dan rule of law
Persamaan latar belkang pemerintahan oleh raja.
Rechtsstaat berdsarkan hukum
Lahir secara revolusioner di negara eropa barat, menetang  kekuasaan yang dilkukn raja contoh revolusi prancis
Machtstaat berdasrkan kekuasaan
Rule of law bersifat evolusioner contoh dnegara inggris.
Sistem hukum eropa
Eropa kontinental
Eropa daratan
Anglo saxon
Inggris + koloni"
Pelaku rule of law
Kekuasaan cenderung korup
Ciri- ciri negara hkum menurut federick stahl
Adanya pengakuan ham,
Adanay trias politika
Pemerintah berdsarkan peraturan-peraturan
Adanay peradilan adm dlm perselisihan. Yaitu hukum perdata.
Prinsip-prinsip ule of law,
Danay supermasi aturan- aturan hukum
Adamya kedudukan yg sama di muka hukum
Trjaminya HAM oleh undang-undang putusan pengadilan
Yurisprudensi sebgai slah satu sumber huum , Kumpulan putusan-putusan pengadilan yang keudian menjadi salah satu sumber hukum.
Cukupkah negara menerapka rule of law sbg prinsip negara hukum. Ternyta tida itu merupakn penjaga mlm secara pasif.
Fungsi negra mewujudkan kesejahteraan, dengan cara mengatur sosial ekonomi (welfare state).

HAM
Ham adalah suatu penegakan hukum positif yang bersifat universal
80-90awal, gencar
Tujuan adalah penegakan hukum
Meratifikasi ham adalah diberlkuakan hukum secara univrsal akan berdampak buruk karna membebaskan  tingkah-laku
Contoh australia
Ada 4 poin yg penting
Tabiat manusia
Hbungan idividu dengan masyarakat.
Fakta masyarakt
Fungsi negara.

Pancasila sebagai ideologi

Pancasila pengantar;
1. Etimologis
idea
Logos
2. Historis
Destutt de tracy prancis> scince of ideas -dicemooh
Leibniz jerman > melatar belakangi pemikiran tracy

Pasar modal sesi 4

Makalah perbedaan pasar uang konvensional dan pasar uang syariah.
Perbedaan syirkah sfaran dan hadiran.
Daftar efek syariah pada JII sistematika/mekanisme dan pada donjon islamic market.
Definisi efek

Kewiraan sesi 5

Demokrasi
1.formal tata pemerintahan
Pembagian kekuasaan legislatif, eksekutif, yudikatif. Serta ada presidensial dan parlementer.
2.substansial tatacara pemiliuan pemimpin prosedural
Demkrasi perwakilan liberal- dunia barat -
filsafat individualisme setiap org memiliki hak hidup, bebas maka antar individu berbenturan kepentingan. Adanya kontrak sosial. Menjaga kepentingan.
filsafat kolektivisme
Demokrasi satu partai kolektivisme/ altruisme
Demokrasi indonesia: priode 1945-1959 parlementer multi partai, tejadi dominasi partai menjadi negara tidak stabil
Periode 1959-1965 terpimpin sangat besar peran presiden sempat di cetus presiden seumur hidup.
Periode 1966-1998 demokrasi pancasila orba
Periode 1999-sekarang hampir sama dgn 45-59
Politik bagi-bagi kekuasaan
Stuktur pemerimtahan pasca amandemen
Mpr-dpr-presiden-bpk-ma-dpa

Jawaban pancasila

1. Pembahasan Pancasila secara ilmiah -Syarat ilmiah 1) Berobjek -Objek formal Suatu sudut pandang tertentu dalam pembahasan pancasila. -Objek material Hasil budaya Indonesia dari lembaran –lembaran sejarah. 2) Bermetode Seperangkat cara atau sistem pendekatan 3) Bersistim Serangkaian yang tidak dapat terpisahkan, suatu pengetahuan ilmiah harus merupakan yang utuh atau saling berhubungan. 4) Universal Bersifat menyeluruh tidak ada pengecualian.

2. -Tingkat pengetahuan ilmiah 1) Deskriptif, kajian sejarah mengenai pancasila. 2) Kausal, pengetahuan yang memberikan jawaban tentang sebab akibat berkaitan dengan proses kausalitas terjadinya pancasila. 3) Normatif, dapat membedakan secara normatif, merealisasikan tentang pancasila yang seharusnya dilakukan/nilai –nilai pancasila. 4) Essensial, mendapatkan suatu pengetahuan tentang intisari.

3. proklamsi kemerdekaan mengandung makna: a. Secara yuridis (hukum) proklamasi merupakan saat mulai berlakunya tertib hukum nasional dan berakhirnya tertib hukum kolonial b. Secara politis dan sosiologis, proklamasi mengandung arti bahwa bangsa Indonesia terbebas dari penjajahan bangsa asing dan memiliki kedaulatan untuk menentukan nasibnya sendiri dalam suatu kerangka negara kesatuan Repbulik Indonesia.

4. Dekrit merupakan peristiwa yang dapat dianggap “sakral” oleh bangsa Indonesia, pasalnya presiden dapat mengeluarkan suatu statement yang dapat merubah mekanisme roda pemerintahan melalui keputusan atau ketetapan kepala negara. Terjadi dekrit Presiden ialah adanya implementasi demokrasi liberal yang berlaku pada sistem pemerintahan. Sistem ini sudah tentu membawa dampak yang kurang menguntungkan bagi stabilitas politik. Berbagai macam konflik muncul dipermukaan, mulai dari konflik antar kelompok, konflik antar ideologi hingga konflik antar partai politik. Jadi sekali lagi, dekrit presiden dipandang sebagai sebuah ketetapan luar biasa dari penguasa mengenai persoalan kenegaraan yang menghendaki penyelesaian segera demi kepentingan pemeliharaan kesejahteraan rakyat.

5. Filsafat sebagai suatu proses, yang dalam hal ini filsafat diartika dalam bentuk suatu aktivitas berfilsafat, dalam proses pemecahan suatu permaslahan dengan menggunakan suatu cara dan metode tertentu yang sesuai dengan objeknya.

6. Secara filosofis, Pancasila sebagai suatu kesatuan sistem filsafat memiliki dasar ontologis, dasar epistemologis dan dasar aksiologis sendiri yang berbeda dengan sistem filsafat yang lainnya misalnya materialisme, liberalisme, pragmatisme, komunisme, idealisme dan lain paham filsafat di dunia. 1. Dasar Antropologis Sila-sila Pancasila Dasar ontologis Pancasila pada hakikatnya adalah manusia yang memiliki hakikat mutlak monopluralis, oleh karena itu hakikat dasar ini juga disebut sebagai dasar antropologis. Subjek pokok pendukung sila-sila Pancasila adalah manusia. 2. Dasar Epistemologis Sila-sila Pancasila Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu sistem pengetahuan. Kalau manusia merupakan basis ontologi Pancasila maka dengan demikian mempunyai implikasi terhadap bangunan epistemologis dari Pancasila. Terdapat tiga persoalan yang mendasar dalam epistemologis, yaitu : pertama tentang sumber pengetahuan manusia, kedua tentang teori kebenaran pengetahuan manusia, ketiga tentang watak pengetahuan manusia[3]. Pancasila mendasarkan pada pandangannya bahwa ilmu pengetahuan pada hakikatnya tidak bebas nilai karena harus diletakkan pada kerangka moralitas kodrat manusia serta moralitas religius dalam upaya untuk mendapatkan suatu tingkatan pengetahuan yang mutlak dalam hidup manusia. 3. Dasar Aksiologis Sila-sila Pancasila Pada hakikatnya segala sesuatu itu bernilai, hanya nilai macam apa saja yang ada serta bagaimana hubungan nilai tersebut dengan manusia. Menurut Notonegoro, nilai-nilai tersebut dibedakan menjadi tiga macam, yaitu : a. Nilai Material : segala sesuatu yang berguna bagi jasmani manusia. b. Nilai Vital : segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk mengadakan suatu aktivitas atau kegiatan. c. Nilai Kerohanian : segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia yang dapat dibedakan atas empat tingkatan sebagai berikut : 1. Nilai kebenaran : nilai yang bersumber pada akal, rasio, budi atau cipta manusia. 2. Nilai keindahan/estetis : nilai yang bersumber pada perasaan manusia. 3. Nilai kebaikan/moral : nilai yang bersumber pada unsur kehendak (will, wollen, karsa) manusia 4. Nilai religius : nilai kerohanian tertinggi dan bersifat mutlak yang berhubungan dengan kepercayaan dan keyakinan manusia serta bersumber pada wahyu Tuhan Yang Maha Esa.

Intisari Pancasila Sebagai Sistem Filsafat: Sebagaimana yang sudah dijelaskan pada paragraf pertama, makna dasar Pancasila Sebagai Sistem Filsafat adalah dasar mutlak dalam berpikir dan berkarya sesuai dengan pedoman diatas, tentunya dengan saling mengaitkan antara sila yang satu dengan lainnya. Misal : Ketika kita mengkaji sila kelima yang intinya tentang kedilan. Maka harus dikaitkan dengan nilai sila-sila yang lain artinya : Keadilan yang ber keTuhanan (sila 1) Keadilan yang berPrikemanusian (sila 2) Keadilan yang berKesatuan/Nasionalisme,Kekeluargaan (sila 3) Keadilan yang Demokratis Dan kesemua sila-sila tersebut saling mencakup,bukan hanya di nilai satu persatu. Semua unsur (5 sila) tersebut memiliki fungsi/makna dan tugas masing-masing memiliki tujuan tertentu.

7.
8.

9. Pengertian Politik
Pengertian politik berasal dari kosakata “politics” yang memiliki makna bermacam-macam kegiatan dalam suatu sistem politik atau “negara”, yang menyangkut proses penentuan tujuan-tujuan dari sistem itu dan diikuti dengan pelaksanaan tujuan-tujuan itu. Bidang-bidang politik menyangkut konsep-konsep pokok yang berkaitan dengan negara (state), kekuasaan (power), pengambilan keputusan (decision making), kebijaksanaan (policy), pembagian (distribution), serta alokasi (allocation).

10.

Stucture 3 first meeting

Introduction..
Expending
Tenses
Compound and complex tenses
Pretest..

Jawaban tugas kewiraan

1. Secara etimologi, filsafat berasal dari bahasa Yunani “philein” yang artinya cinta, “Sophos” yang artinya hikmah dan “wisdom” artinya kebijaksanaan. Jadi filsafat adalah ilmu yang paling umum yang mengandung usaha mencari kebijaksanaan dan cinta akan kebijakan. Filsafat dikelompokkan menjadi dua macam sebagai berikut :
Pertama : Filsafat sebagai produk
1. Filsafat sebagai jenis pengetahuan, ilmu, konsep, pemikiran-pemikiran dari para filsuf pada zaman dahulu yang lazimnya merupakan suatu aliran atau sistem filsafat tertentu, misalnya nasionalisme, materialism, pragmatism dan sebagainya.
2. Filsafat sebagai suatu jenis problema yang dihadapi oleh manusia sebagai hasil dari aktivitas berfilsafat.
Kedua : Filsafat sebagai proses Dalam hal ini filsafat diartikan dalam bentuk suatu aktivitas berfilsafat, dalam proses pemecahan suatu permasalahan dengan menggunakan suatu cara dan metode tertentu yang sesuai dengan objeknya. Adapun cabang-cabang filsafat yang pokok adalah sebagai berikut :
1. Metafisika, yang membahas tentang hal-hal yang bereksistensi dibalik fisis, yang meliputi bidang-bidang ontology, kosmologi dan antropologi.
2. Epistemology, berkaitan dengan persoalan hakekat pengetahuan.
3. Metodologi, berkaitan dengan persoalan dalam ilmu pengetahuan.
4. Logika, berkaitan dengan persoalan berfikir.
5. Etika, berkaitan dengan moralitas, tingkah laku manusia.
6. Estetika, berkaitan dengan persoalan hakikat keindahan.

2. Pengertian sistem filsafat Sistem filsafat; dimaksudkan sbg kumpulan / kesatuan pemikiran/ajaran yg saling berhubungan dan komphrehensif untuk mencapai tujuan tertentu. Komphrehensif yg dimaksudkan harus mampu menjangkau seluruh realitas yg ada, mencakup pemikiran teoritis tentang ttg realitas adanya tuhan, alam, dan manusia. Terdapat tiga kelompok hal yang dipikirkan :
1. Tentang keberadaan sesuatu hal à dimensi ontologis
2. Tentang pengetahuan à dimensi epistemologis
3. Tentang nilai-nilaià dimensi aksiologis

3. Kesatuan Sila-sila Pancasila sebagai Suatu Sistem Filsafat
1. Aspek Antropologis Dasar ontologi Pancasila adalah manusia yang memiliki hakikat mutlak monopluralis, oleh karenanya disebut juga sebagai dasar antropologis. Subyek pendukungnya adalah manusia.
2. Aspek Epistemologi Epistemology adalah bidang / cabang filsafat yang menyelidiki asal, syarat, susunan, metode dan validitas ilmu pengetahuan. Pengetahuan manusia sebagai hasil pengalaman dan pemikiran, membentuk budaya.
3. Aspek Aksiologi Aksiologi artinya nilai, manfaat, pikiran dan ilmu. Menurut Brameld, aksiologi adalah cabang filsafat yang menyelidiki : · Tingkah laku moral, yang berwujud etika · Ekspresi etika, berwujud estetika (keindahan) · Sosio politik yang berwujud ideologi
b. Karakteristik System Filsafat Pancasila
Sebagai, filsafat pancasila memiliki karakteristik system filsafat tersendiri yang berbeda dengan filsafat lainnya. Diantaranya;
1. Sila-sila pancasila merupakan satu kesatuan system yang bulat dan utuh (sebagai satu totalitas). Dengan pengertian lain, apabila tidak bulat dan tidak utuh atau satu sila dengan sila yang lainnya terpisah-pisah,maka ia bukan pancasila.
2. Susunan pancasila dengan suatu system yang bulat dan utuh :
Sila 1, meliputi,mendasari,menjiwa:sila 2,3,4 dan 5
Sila 2,diliputi,didasari,dan dijiwai sila 1,serta mendasari dan menjiwai sila 3,4,dan 5
Sila 3,meliputi,mendasari,dan menjiwai sila 1,2 serta mendasari jiwa ;sila 4 dan 5
Sila 4, meliputi,didasari,dan di jiwai sila 1,2,dan 3,serta mendasari dan menjiwai sila 5
Sila 5,meliputi didasari,dan dijiwai sila 1,2,3 dan 4 Pancasila sebagai suatu substansi. Artinya unsur asli/permanen/primer pancasila sebagai suatu yang ada mandiri yaitu unsure unsurnya berasal dari dirinya

4. Ideologi merupakan satu kesatuan gagasan/ cita-cita dari, oleh dan mengenai kehidupan seseorang atau sekelompok orang yang didasarkan pada filsafat atau pandangan hidup tertentu.
Maka Pancasila adalah ideologi negara, karena pencapaian masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila merupakan cita-cita yang senantiasa diupayakan pelaksanaannya dalam keseharian hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai dasar filsafat negara serta sebagai filsafat hidup bangsa indonesia pada hakikatnya merupakan suatu nilai-nilai yang bersifat sistematis fundamental dan menyeluruh. Pancasila sebagai filsafat bangsa dan negara republik indonesia, mengandung makna bahwa dalam setiap aspek kehidupan kebangsaan, kemasyarakatan dan kenegaraan.

5. Susunan Pancasila Bersifat Hierarkis dan Berbentuk Piramidal Hierarkis dan pyramidal mempunyai pengertian yang sangat matematis yang digunakan untuk menggambarkan hubungan sila-sila Pancasila dalam hal urut-urutan luas (kuantitas) dan dalam hal sifatnya.

6. Dalam sila kelima tersebut terkandung nilai-nilai yang merupakan tujuan negara sebagai tujuan dalam hidup bersama. Maka didalam sila kelima tersebut terkandung nilai keadilan yang harus terwujud dalam kehidupan bersama (kehidupan sosial).

7. Menurut Robert de Ventos , mengemukakan bahwa selain faktor etnisitas, teritorial, bahasa, agama serta budaya juga faktor dinamika suatu bangsa tersebut dalam proses pembangunan iptek. Identitas nasional bangsa Indonesia juga harus dipahami dalam pembangunan, termasuk proses interaksinya secara global dengan bangsa lain di dunia internasional. Di dunia internasional bahwa bangsa-bangsa besar yang telah mengembangkan identitasnya secara dinamis membawa nama bangsa tersebut baik dalam khasanah dunia ilmu pengetahuan maupun dalam khasanah dunia pergaulan antar bangsa di dunia.Munculnya identitas nasional suatu bangsa sebagai hasil interaksi historis antara empat faktor penting, yaitu faktor primer, faktor pendorong, faktor penarik dan faktor reaktif.
• Faktor pertama, mencakup etnisitas, teritorial, bahasa, agama dan yang sejenisnya. Bagi bangsa Indonesia yang tersusun atas berbagai macam etnis, bahasa, agama wilayah serta bahasa daerah, merupakan suatu kesatuan meskipun berbeda-beda dengan kekhasan masing-masing. Unsur-unsur yang beraneka ragam yang masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri menyatukan diri dalam suatu persekutuan hidup bersama yaitu bangsa Indonesia. Kesatuan tersebut tidak menghilangkan keberanekaragaman, dan hal inilah yang dikenal dengan Bhineka Tunggal Ika.
• Faktor kedua, meliputi pembangunan komunikasi dan teknologi, lahirnya angkatan bersenjata modern dan pembangunan lainnya dalam kehidupan Negara. Dalam hubungan ini bagi suatu bangsa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembangunan negara dan bangsanya juga merupakan suatu identitas nasional yang bersifat dinamis. Oleh karena itu bagi bangsa Indonesia proses pembentukan identitas nasional yang dinamis ini sangat ditentukan oleh tingkat kemampuan dan prestasi bangsa Indonesia dalam membangun bangsa dan negaranya. Dlm hub ini kesatuan dan persatuan sangat diperlukan.
• Faktor ketiga, mencakup kodifikasi bahasa dalam gramatika yang resmi, tumbuhnya birokrasi, dan pemantapan sistem pendidikan nasional. Bagi bangsa Indonesia bahasa telah merupakan bahasa persatuan dan kesatuan nasional, sehingga bahasa Indonesia telah merupakan bahasa resmi negara dan bangsa Indonesia. Bahasa Melayu telah dipilih sebagai bahasa antar etnis atau daerah di Indonesia telah memiliki bahasa daerah masing-masing. Demikian pula menyangkut birokrasi serta pendidikan nasional telah dikembangkan.
• Faktor keempat, meliputi penindasan, dominasi, dan pencarian identitas alternatif melalui memori kolektif rakyat. Bangsa Indonesia yang hampir tiga setengah abad dikuasai oleh bangsa lain sangat dominan dalam mewujudkan faktor keempat melalui memori kolektif rakyat Indonesia. Penderitaan dan kesengsaraan hidup serta semangat bersama dalam memperjuangkan kemerdekaan merupakan faktor yang sangat strategis dalam membentuk memori kolektif rakyat. Semangat perjuangan, pengorbanan, menegakkan kebenaran dapat merupakan identitas untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia.

8. Konsekuensi dari dominasi ideologi global adalah setiap negara akan terpengaruh untuk menerapkan ideologi yqng mendominasi tersebut.

9.

10.

Pancasil sesi 4

Identitas nasional
Budaya adalah hasil dari perkembangan itu sendiri.
Faktor primer adalah faktor yang alamiyah yang sejak pertama ada yaitu etnisitas (suku). Apalagi infonesia adalah negra yang multi etnis. Faktor bahsa dan agama.
Faktor pendorong
Pembangunan

Prilaku organisasi sesi 3

Kapasitas seseorang individu untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan.
Kemampuan adalah sebuah penilaian terkini atas apa yg dilakukan seseorang
Kemampuan inteleketual adalah kemampuan yg dinutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas mental seperti, brpikir, menalar, memecahkan masalah.
Dimensi kemampuan intelektual individu meliputi kecerdasan angka, pemahaman vrbal, kecepatan persepsi, penalaran induktif, penalaran deduktif, visualisasi spesial dan daya ingat.
Klasifikasi kecerdasan
Kognitif kecerdasan yang meliputi kecerdasan yg telah lama diliputi oleh tes- tes kecerdasan tradisional
Sosial kemampuan seseorang untuk berhubungan dengan infividulain secra efektif
Emosional kemampuan untuk mengidentifikasi memahami dan mengelola emosi
Kultural kemampuan individu untuk berhubungan dengan orang lain kultur.
Fisik kemapuan untuk melakukan tugas- tugas yg menuntut stamina kekuatan dan ketrampilan serta karakteristik serupa.

Bimbingan konseling sesi 1

Ada 11 cara yang dapat digunakan sebgai acuan dalam membentuk karakter anak yang di gagas oleh likona dkk. Kesebelas acuan tersebut adalah
1.
2.
3. Gunakan pendekatan yg komprehensif, disengaja dan pro aktif dalam pengembangan karakter.
4. Ciptakan komunitas sekolah yang penuh perhatian
5. Beri siswa kesempatan untuk melakuka tindakan moral
6. Buat kurikulum akademik yg betmakna dan menantang yang menghormati semua peserta didik,  engembangan karakter, dan membantu siswa untuk berhasil
7. Usahakan mendorong motivasi diri siswa
8. Linatkan staf sekolah sebagai komunitas pembelajaran dan moral yang berbagai tanggungjawab dalam pendidikan karakter dan upaya untuk mewujudkan nilai
9. Tumbuhakan kebersamaan dalam kepemimpinan moral dn dukungan jangka panjang
10. Libatkan keluarga dan anggota masyarakat
11.

11 asas BKS
-Asas kerahasiaan
-Keukarelaan
-Keterbukaan
-Kegiatan
-Kemandirian
-Kekinian
-Kedinamisan
-Keterpaduan
-Kehrmonisan
-Keahlian
-Alih tangan kasus

Upgreding kkai

Upgreding kkai
Semester 1 standarisasi
Semester 2 kompetensi building
Semester 3 advance kompetensi
Menjadikan kerangka brfikir itu talqiyan fikriyan,

Dalam kkai ada qiyadah fikriyah, qiyadah sya'biyah, qiyadah syakhsiyah.

Karakter dakwah kampus..

Jurnal brand swiching

Free Journal & Konsultasi: Analisis Perilaku Brand Switching Konsumen Dalam Pembelian Produk Handphone Di Semarang

Kewiraan sesi 4

Identitas nasional
Setiap warga negara wajib memiiki tanda pengenal sifatnya nasional. Perlunya identitas sebagai eksistensi suatu bangsa. Pasca perang dingin, semua negara kehilagan identits karna globalisasi. Internasionalisasi adalah ideologi yg di globalisasi. Setiap bangsa akan mengalami suatu tantangan. Yang menghasilkan respon, jika tidak mampu maka akan punah exp. Aborigin, indian. Jika mampu merespon dengan baik maka bangsa akan dipenuhi konflik yg dipenuhi oleh kepentingan. Exp. Penganiayaan pastur.
Kepribadian nasional
Kepribadian adalah hal yg dipengaruhi oleh faktor psikologis, sosiologis dan prilaku individu. Sedangkan bangsa adalah sekumpulan ndividu yg memliki kesamaan watak dan karakter yg kuat utuk bersatu dan hidup bersama serta mendiami suatu wilayah tertentu sebagai suatu kesatuan nasional.
Melayu: tingkat emosional tinggi, kejam.
Dengan asas normatif bhineka tunggal ika berarti menghargai pluralitas.
Kepribadian nasional bersifat dinamis sehingga bangsa yg maju dapat bergerak dinamis contoh org inggis > pemikiran.  Melahirkan pengetahuan. Roger bacon. Saints is power. Revolusi industri.
Bangsa indonesia mengalami jatuh dan bangun.

Keuangan internasional sesi 4

Kurs adalah satu mata uang yang ekspresikan terhadap mata uang lainnya.
Krs trdiri dari
Kurs jual dan kurs beli selisih spead jika tinggi maka salah satu mata uang melemah dan ada krisis dinegara tersebut.
Forex (forign exchage)

Riset pemasaran sesi 3

Latar belkang merupakan hal yg penting harus ada korelasi dgn pembahasan namun jangan terlalu panjang. Ambil satu garis besar dari pembahasan uraikan pada latar belakang.
Rumusan masalah biasanya menggunakan bagaimana dan mengapa agar hipotesis dapat diurai. Pilih salah satu karna setiap kata tanya memliki arah jawaban yang berbeda.

Kewiraan sesi 2

Falsafah pancasila
Setiap manusia pasti memiliki pandangan hidup.
Terdapat falsafah empirisme adlah pendangan hidup yang akan menghasilkan materialisme dan pragmatisme.
Rasiolisme adalah segala segala sesuat dan kebeeran sejauh yang dapat dijangkau akal.

Filsafat lahir zaman yunani abad 5 masehi dan merupakan radisi berfikir.
Filsafat brasal dari filos sofia yg brarti cinta kebijaksanaan.
Sistematika filsafat: ontologi, epistiolmologi, aksiologi.
Sistem merupakan keseluruhan yang terdiri dari bgian2. Yg tidak bisa brdiri sndiri. Sehingga  menjadi ksatuan untuk mencapai tujuan.

Pancasila pada hakikatnya adalah suatu kesatuan organis yaitubahwa sila-sila panca sila saling berkaitan dan saling mengakui keberadaanna.

Keuangan internasional

Evolusi perusahaan multinasional
Raw-material serkers, adalah multinasional awal brperan jahat pada bisnis internasional
markt seekers, adlah pola dasar pada perusahaan yang menuju luarnergeri untuk menghasilkan dan menjual dalam
cost minimize

Prilaku organisasi sesi 3

Manajer dan manajemen
Manajer adalah indivdu yang mencapai tujuan melalui orang lain
Oganisasi adalah sbuah unit sosial yang dikoordinasikan secara sadar terdiri atas dua orang atau lebih dn berfungsi dalam suatu dasar yang rlatif terus guna mencapai suatu atau serangkaian tujuan bersama.

Resum mlm

network marketing adalah suatu bisnis yang umumnya memiliki kemampuan, keterampilan dan sumber daya dalam memasarkan bisnis.
Support sistem adalah sarana pelatihan untuk membekali distributor semangat, serta pengetahuan dan kemampuan yang mereka butuhkan untuk menjalanakan bisnis mereka dengan baik.

4. Marketing plan atau sistem yangmengatur pembagian bonus ditribuor adalah suatu hal yang trlah memajukan industri network marketing.
Terdapat berbgai jenis marketing plan dengan pola yang sangat bervariasi:
Stairstep
Uniliver
Binary
Breakaway
Matrix

Jika kita memebicarakan marketing plan akan berkaitan dengan 4 hal yaitu:
Keuntungan langsung
Komisi dari jaringan tim
Bonus kepemimpinan
Bonus perjalan wisata

Prilaku organisasi sesi 2

Prilaku organisasi merupakan sebuah budang study yang menyelidiki pengaruh yang dimiliki individu, kelompok, dan strukyltur terhadap  prilaku dalam organisasi yang bertujuan menerapkan ilmu pengetahuan semacam ini guna meningkatkan keefektifan suatu organisasi.
Disiplin ilmu prilaku organisasi:
*Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mengukur, menjelaskan, dan terkadang mengubah prilaku manusia dan makhluk lain.
*Psikologi sosial adalah bidang dalam psikologi yang memadukan konsep dari psikologi dan sosiologi serta pada pengaruh seseorang trhadap orang lain.
*Sosiologi adalah studi tentang manusia dalam kaitannya dengan lingkungan sosial dan budaya mereka.
*Antropologi adalah studi kemasyarakatan untuk memepelajari manusia dan aktivitas- aktifitas mereka.
Fenomena prilaku
+ variabel kontinjensi ialah faktor- faktor situasional variabel-variabel yang meninjau hubungan antara dua variabel atau lebih.
Tantangan dan peluang untuk prilaku organisasi
- merespon globalisasi
peenugasan luar negri yang meningkat; bekerja dengan individu dari budaya yang bebeda; menanggulangi reaksivanti islam; memantau perpindahan pekerjaan ke negara- negara yang memiliki tenaga kerja berbiaya rendah; mengatur individu selama perang melawan teror berlangsung
- mengelola keragaman angkatan kerja
- meningkatkan kualitas dan produktivitas
- merespon kurangnya tenaga kerja
- meningkatkan layanan pelanggan
- Meningkakan keahlian personal
- Membedayakan orang
- Menstimulasi dan inovasi dan perubahan
- Mengatasi kesementaraan
- Bekerja dalam organisasi berjaringan
- Membantu karyawan Menyeimbangkan konflik kehidupan pekerjaan
- Meningkatkan prilaku etis

Note:

Ulumulquran 2 sesi 2

Membahas alimran ayat 130,

Ada subhat dari ayat ini: jikq menelaah mentah2 dari ayat ini maka akan timbul makna Allah hanya melarang riba yang berlipat seperti dalam kitab rasyid ridha almanar dan pendapat ust. quray syihab.
Jadi jika mengambil riba 1%/2%/5%/10% itu diperbolehkan selama tidak melipatgandakan.

Syubhat 1 :
           Allah hanya mengharamkan riba yang berlipat ganda
* ayat-ayat lain brsifat muthlaq sedangkan ayat ini brsifat kuqoyad karen di taqyid dgn hal yg menjadi sifat: adh'afan mudhaafah, sehingga mutlaq harus dibawa kepada yang muqayad.
*Ayat ini mengandung sifat, maka dapat diambil mafhum mukhlalafah l. Artinya jika tidak memakan riba secara berlipat berarti boleh
*Lafadz arriba dalam ayat yang turun setelah ayat ini harus dipahami dalam konteks riba yang disebut oleh ayat ini karena fungsi al adalah untuk kengingat sesuatu yang pernah disebut (al li'ahdidz-zikri)

Bantahan:
+Hal atau keterangan secara berlipat ganda tidak bermaksud membatasi, namun hanya mencela kondisi mengenai praktek yang lazim dilakukan ada waktu itu, sehingga tidak bisa untuk membatasi  dan mafhumnya tidak bisa dijadikan hujah.
+Kata al adalah al jinsiyah bukan ahdiyah, ahdiyah hanya dipakai ketika sesuatu yang di kehendaki telah disebutkn sebelumnya dalam satu rangkaiaan.
+ pemahaman bolehnya mengambil riba yang tidak berlipat ganda bertentangangan dengan dalil albaqoroh 279

Note:
Ayat alimran 130 turun lebih dulu di bandingkan Ayat albaqorh 275-279, maka harus dikembalikan pada ayat alimran 130
Aliflam ada 2; - li ahdi dzkri mengingtkan kembali sesuatu yang pernah disebut. - al jinsiyah adalah segala jenis.
Contoh ayat serupa : al-isra' 31 annur 33
Lawan kata manthuq × mafhum

Tips menghafal : Teknik baca sekilas, pahami ayat scara umum, urikan atau ditukil, dihafal, di tulis ulang

Pasar modal syariah sesi 1

Silabus Mata kuliah :
Investasi dan muamalah
Investasi prespektif islam
Islamic capital market introduction
Mekanisme pasar
Memilih saham pada pasar modal
Pasar modal def dan pelaku
Transaksi pada pasar modal syariah 1
Transaksi pada pasar modal syariah 2
Transaksi pada pasar modal syariah 3

Pendahuluan;
Pada zaman Rosulullah tidak ada yang namanya pasar modal karena memberi modal bagi masyarakatnya adalah kewajiban negara. Lembaga keuangan baik yang bank maupun bukan bank tidak ada dalam negara islam klasik. Logika makro,  dalam membuat negara berbeda dengan membuat perusahaan. Dalam membuat sebuah negara tidak butuh dana dalam pembentukannya. Yang penting adalah loyalitas, dalam kitab al-amwal. Ketika membuat negara tanpa loyalitas maka akan menjadi oportunis. Rosulullah tidak memberi iming2.

Dalam kitab muqodimah ibnu khaldun di bahas bahwa

Permasalahan sekarang bercabang dan memakar yang berujung pada masalah sistem

Note:
Pengorbanan kecil hasil kecil dan pengorbanan besar hasil besar ( high risk high returns)
Filosofi dalam investasi menurut pak krisna:Bekerja cerdas jangan bekerja keras
Orang sukses akan terlihat lebih dibanding masyarakat kebanyakan yg miskin.

Bisnis mlm sesi 1

Pembagian kelompok pembahasan buku the power of network marketing

Bisnis umkm sesi 1

Strategi pemberdayaa umkm

Usaha mikro kecil menengah
Kondisi makro perekonomian indonesia:
Pertumbuhan ekonmi yogyakarta Tahun 2011 5,16% sedangkan tahun 2010 4,66%
Inflasi tahun 2011 3,88% dan inflasi tahun 2010  7.38%

Riset pemasaran sesi 1

Route map masalah penelitian

Fenomena bisnis atau data lapangan + penelitian ( research) + teory > latar belakang masalah > rumusan masalah > rumusan masalah penelitian.
Fenomena bisnis
Masalah penelitian skripsi
Rumusan masalah > rumusan masalah penelitian
Contoh: terjadi penurunan penjualan yang berkepanjangan selama tahun 2002 > cukup diambil satu masalah boleh, boleh juga lebih..

Note: 
Mahasiswa biasanya suka dengan data yg melebar sehingga tidak terlihat inti permasalahan, atau bahkan bisa menjadi rancu.
Data harus dikumpulkan dari awal penelitian > lakukan survei
Ada alasan rasional dibalik kejadian yang tidak rasional

Kewiraan sesi 1

Kewiraan / kewarganegaraan berasal dari paham nasionalisme yang akan menghasilkan paham pembelaan negara

Latar belakang
Masa orde baru rezim militer semua pejabat negara adalah militer dan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan militer. Dipimpin oleh mpr namun pada kenytaannya adalah presiden.

Setelah memasuki masa reformarsi ada sedikit kebebasan
*namun belum menghasilkan welface state. Memang secara kehidupan sudah sejahtera namun dalam sisi ekonomi belum sejahtera. Dipimpin oleh rakyat namun kenyataanya dipimpinan pengusaha.
*Hilangnya nasionalisme. Bisa dilihat dari banyaknya lsm asing yang menyudutkan pemerintah di dunia internasional.
*Gerakan sepratisme seperti GAM

Semua ini tidak akan hilang jika masih dlam sistem yang sama

Manajemen Keuangan internasional sesi 1

Perbedaan manajemen keuangan dengan manajemen keuangan internasionalu

MK prinsip dasar:  keputusan investasi, keputusan pendanaan,  kebijakan deviden.
MKI prinsip dasar: Keputusan investasi, keputusan pendanaan,  kebijakan deviden.

MK penekanan pada: perusahaan domestik, tidak menghadapi resiko perubahan nilai tukar, melibatkan satu mata uang, tdak terjadi masalah perpajakan,  tidak ada masalah akutansi/laporan keuangan rekonsiliasi, tujuan notmatif sama ( memaksimumkan kemakmuran pemegang saham melalui ,maksimisasi nilai perusahaan dengan cara memaksimumkan harga saham perusahaan.
MKI penekanan pada: perusahaan multinasional MNC, ada resiko perubahan nilai tukar, melibatkan lebih dari satu mata uang, terjadi masalah perpajakan dinegara tujuan, penyusunan laporan keuangan rekonsiliasi laporan keuangan perusahaan didalam negri digantungkan dengan anak perusahaan diluar negri, tujuan normatif sama (memaksimumkan kemakmuran pemegang saham kecuali pada nilai perusahaan yang dicerminkan oleh harga saham tidak saja dipengaruhi oleh perolehan harga tetapi lebih banyak lagi faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan antara lain; keadaan/ekonomi & politik negara tujuan, ekonomi global, lingkungan masyarkat, budaya bangsa, dll

Evolusi perusahaan multinasional
Klasifikasi perusahaan multinasional dan evolusinya adalah sebagai berikut:
1. Raw materials seekers adalah multinasional awal berperan jahat pada bisnis internasional,
2. Marketing seeker adalah merupakan pola dasar pada perusahaan mltinasional yang menuju luar negeri untuk menghasilkan dan menjual dalam pasar luar negeri contoh IBM, VW, unilever,
3. Cost minimizer adalah kategori baru pada perusahaan yang melakukan bisnis secara internasional. Perusahaan-perusahaan mencari dan menginvestasikan dalam negara yang biaya produksinya rendah,  hongkong, taiwan, irlandia.

Cara-cara untuk ekspansi ke luar negeri atau go internasional:
1. Ekspor > ada beberapa jenis jasa perantar; agen ekspor manufaktur yang menjual produk perusahaan diluar negri,  wakil manufaktur yang menjual produk-produk sejumlah perusahaan eksportii di pasar luar negri, agen komisi ekspor yang bertindak sebagai pembeli untuk pasar luar negri, pedagang ekspor yang membeli dan menjual produknya sendiri untuk berbagai pasar. Mekanisme aktivitas ekspor memerlukan hal-hal berikut ini: ijin dari pemerintah, jaminan transportasi yang dapat dipercaya dan asuransi transit, dipenuhi persyaratan-persyaratan yang diminta negara pengimpor seperti pembayaran bea cukai, deklarasi dan pengawasan.

2. Lisensi > kelebihan cara ini adalah 1. Pemberi lisensi menerima tambahan keuntungan dibanding hanya terpaku pada suatu proses/ metode difalam negeri, 2. Dapat memperluas siklus hidup produk perusahaan, 3. Perusahaan pemberi lisensi sering mengalami  peningkatan penjualan atas penggantian suku cadang di luar negri, 4. Bagi perusahaan penerima lisensi akan mendapat hak memproses teknologi yang pada gilirannya mengurangi biaya riset dan pengembangan.
Kelemahan 1. Membatasi kesempatan mendapat keuntungan dimasadepan karena hak khusus perusahaan diperluas sampai periode tertentu 2. Dengan memberikan hak kepada perusahaan lain perusahaan pemberi lisensi kehilangan kontrol terhadap kualitas produk.

3. Franchise >
4. Kontrak manajemen >
5. Kontrak manufaktur >

Note: syarat MKI adalh PI ; berhubungan dengan transaksi dan dunia global,

Kuliah umum with Dr. KRM. H. Gembong Danuningrat

Dengan tema pengembangan ekonomi sektor agrobisnis dalam mewujudkan kesejahteraan.

Semua yang dilakukan base on Alquran, awal mula dari pengalaman berangkat ke tanah arab, tumbuhan dapat tumbuh subur. Setelah diteliti ternyata ada sebuah bakteri yang menyuburkan, ternyata Allah menciptakan bumi beserta dengan pabrik makanan. Bakteri sebagai makanan tumbuhan dan tumbuhan untuk manusia.

Namun Allah menciptakan tidak untuk menjadikan manusia menjadi pemalas. Maka dari itu manusia harus befikir dan mengusahakan untuk menjadi sukses dan berhasil. Allah telah menciptakan sumber daya maka tugas manusia untuk mengeksplorasinya.

Bekerjalah secara profesional aldalamm segala hal maka akan sukses. Yang lebih penting adalah penerapan hukum islam dalam segala aspek pada bisnis. Dalam islam ekonomi adalah membagi kesejahtraan bagi umat disekelilingnya, yaitu tetangga, saudara. Seperti itulah yang Rosulullah.

Ada 5 kunci untuk meraih sukses:
Informasi
Ide
Inisiatif
Inovasi/insting
Insya Allah berhasil

Kita juga wajib untuk berdakwah tentang ekonomi yang menyejahterakan agar umat dapat terjaga, sebagai contoh jika petani yang dicangkringan diberi smbako, besok ke greja maka tugas kita untuk menjadikan umat kaya.

Note: pengalaman budidaya patin di riau, berangakat dari kemiskinan petani dieng

Prilaku organisasi sesi 1

Organisasi memiliki gambaran sebagai berikut:
1. Organsasi adalah mesin: POAC, rutinitas, efisien, andal, dapat diprediksikan.
2. Organisasi adalah otak: manajemen pengetahuan dan manajemen pengetahuan
3. Organisasi adalah organism: sistem trbuka, daur hidup, dan keanekaragaman.
4. Organisasi adalah budaya: nilai, identitas, tim kerja.
5. Organisasi adalah sistem politik: tujuan berbeda, kepentingan berbeda, konflik kekuasaan.
6. Organisasi adalah penjara fisik: batas ruang, batas waktu, batas lingkungan.
7. Organisasi sebagai proses perubahan
8. Organisasi sebagai dominasi instrumen

Organisasi adalah koordinasi sejumlah kegiatan yang direncanakan untuk mencapai suatu maksud  dan tujuan bersama melalui pembagian tugas dqn fungsi kerja melalui serangkaian wewenang dan tanggung jawab. Organisasi dicirikan oleh PRILAKUnya yang terarah pada tujuan. Tujuan dan sasaran organisasi dapat dicapai lebih efisien dan efektif melalui tindakan individu dan kelompok yang diselenggarakan dengan tujuan bersama.

Elemen dasar organisasi:
1. Adanya tujuan bersama
2. Adanya kontribusi/partisiasi anggota terhadap kegiatan organsasi
3. Adanya komunikasidl dan interaksi
4. Adanya tata nilai/norma yang disepakati bersama

Orientasi tujuan organisasi:
1. Orientasi pada pertumbuhan dan perkembangan (sesuai tujuan dan sifat organisasi)
2. Organisasi pada stabilitas
3. Organsasi pada interaksi

Tahap siklus perkembangan organisasi:
Pembentukan > Perkembangan > Matang > Penurunan

Urgenitas belajar prilaku organisasi
Prilaku organisasi merupakan penelaahan tentang infividu dan kelompok dalam lingkungan organisasi.
Wacana prilaku organisasi:
* sebagai suatu cara berfikir
*Sebagai suatu bidang interdisipliner
*Berorientasi humanistik
*Berorientasi pada prestasi
*Lingkungan ekstrnal

Karakteristik utama bidang prilaku organisasi:
Tiga tingkatan organisasi; individu, kelomok dan organisasi
Sifat dasar interdisipliner; psikologi sosiologi dan antropologi budaya
Orientasi humanistik; sikap dan pesepsi
Orientasi prestasi kerja
Faktor eksternal

Fakta pembentuk prilaku organisasi
°Prilaku manusia
°Kerja yg efektif
°Pendekatan kontingensi/ pendekatan menurut situasi

Note:
- dengan sistem yang terbuka pemimpin yang akan mewarnai suatu organisasi
- daur hidup dengan pengkaderan, dan seharusnya
- batas waktu yang ada adalah periodik